Bahaya Kelebihan Vitamin

Vitamin memang sangat dibutuhkan  tubuh. Namun tidak boleh  salah, keunggulan  vitamin pun  tidak baik dan bisa  membahayakan kesehatan. Bahaya keunggulan  vitamin mempunyai  efek yang berbeda-beda terhadap kesehatan, tergantung jenis vitaminnya.

Vitamin ialah  zat yang diperlukan  oleh tubuh guna  menunjang faedah  sel dan mengawal  kesehatan. Contohnya ialah  manfaat vitamin A untuk  kesehatan mata, guna  vitamin C guna  daya tahan tubuh, guna  vitamin D guna  kesehatan tulang, dan guna  vitamin E guna  kesehatan kulit. Selain didapatkan  dari bahan makanan alami, asupan vitamin juga dapat  dalam format  suplemen.



Bahaya Kelebihan Vitamin
Vitamin dapat dipisahkan  menjadi vitamin yang larut air dan yang larut lemak. Contoh vitamin larut air ialah  B dan C. Sedangkan misal  vitamin larut lemak ialah  A, D, E, dan K.

Masing-masing vitamin dapat memunculkan  gangguan kesehatan andai  dikonsumsi secara berlebihan. Namun, vitamin yang larut lemak mempunyai  risiko yang lebih tinggi sebab  dapat menumpuk dalam tubuh.

1. Vitamin A
Vitamin A memiliki tidak sedikit  manfaat, dan salah satunya ialah  untuk mengawal  kesehatan mata dan kulit. Namun, konsumsi vitamin A secara berlebihan dapat menambah  risiko tulang menjadi keropos (osteoporosis). Di samping  itu, penelitian mengindikasikan  bahwa konsumsi vitamin A lebih dari 1,5 miligram masing-masing  hari  dapat menambah  risiko terjadinya patah tulang.

Bila Anda sudah  mengonsumsi makanan yang berisi  tidak sedikit  vitamin A, laksana  minyak ikan, susu, telur, dan hati, maka usahakan  Anda meminimalisir  atau bukan lagi  mengonsumsi suplemen vitamin A.

2. Vitamin B
Vitamin B terbagi menjadi B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12. Fungsi vitamin ini juga  beragam, mulai dari mengawal  kesehatan sistem saraf sampai  membantu pembentukan sel darah merah. Sumber alami vitamin B ialah  dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, dan hati. Jika vitamin ini dikonsumsi secara berlebihan, dapat memunculkan  mual, gangguan hati, kulit kemerahan, dan perih.

3. Vitamin C

Vitamin C tidak sedikit  ada  pada jeruk, brokoli, dan kentang. Fungsi utamanya ialah  untuk mengawal  daya tahan tubuh dan menolong  proses pengobatan  luka. Namun, konsumsi vitamin C secara berlebihan dapat memunculkan  rasa mual, muntah, diare, dan sakit perut.

4. Vitamin D
Vitamin D secara alami bisa  diproduksi oleh kulit dengan pertolongan  sinar matahari. Namun, anda  juga dapat  memperoleh vitamin ini dari makanan, laksana  minyak ikan, daging merah, hati, dan telur.

Fungsi utama vitamin D ialah  untuk menambah  penyerapan kalsium guna mengawal  kesehatan tulang, gigi, dan otot. Namun, konsumsi yang berlebihan dapat mengakibatkan  penumpukan kalsium dalam darah, arteri, dan jaringan lunak. Di samping  itu, sejumlah  orang diadukan  mengalami batu ginjal dampak  kelebihan vitamin D.

5. Vitamin E
Di samping  ada  dalam makanan, laksana  minyak sayur, buah-buahan, daging ayam, sereal, dan telur, vitamin E pun  tersedia dalam format  suplemen.

Vitamin E berfungsi  untuk mengawal  kesehatan kulit dan jaringan tubuh. Namun, efek samping yang barangkali  terjadi andai  kita mengonsumsi vitamin ini secara berlebihan ialah  munculnya memar, ruam, sakit kepala, dan rasa letih. Di samping  itu, penelitian mengindikasikan  bahwa keunggulan  vitamin ini dapat menambah  risiko terjadinya stroke.

Bila makanan yang kita  konsumsi masing-masing  hari bervariasi, mulai dari buah-buahan, sayuran, daging, telur, dan ikan, maka keperluan  vitamin harian Anda sebetulnya  sudah tercukupi. Apalagi andai  Anda merealisasikan  pola santap  bergizi seimbang.

Tapi bila   Anda tetap hendak  mengonsumsi suplemen, pastikan dosisnya tidak melebihi takaran  yang dianjurkan. Dan ingat, andai  Anda sedang menderita penyakit tertentu, usahakan  konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin.

Comments

Popular posts from this blog

Ketahui Lebih Banyak tentang Mineral Makeup

Lupa Minum Pil KB