Kimchi Juga Bisa Membuat Kita Sehat

Saat ini, tidak sedikit  beredar makanan khas Korea di pasaran. Salah satu makanan yang sangat  terkenal dari negara ginseng ini ialah  kimchi. Tidak melulu  dikenal dengan rasanya yang lezat dan segar, kimchi pun  memiliki tidak sedikit  manfaat guna  kesehatan, lho!

Kimchi ialah  makanan khas Korea yang diciptakan  dari sayuran, laksana  kubis atau lobak, yang dibaur  dengan bawang putih, garam, cuka, cabai, jahe, dan bumbu lainnya. Kombinasi bahan-bahan ini lantas  difermentasikan dan dapat  disantap bareng  nasi atau mi.


Manfaat Kimchi untuk  Kesehatan
Berikut ini ialah  beberapa guna  yang dapat anda  peroleh dari mencicipi  kimchi:

1. Memenuhi keperluan  harian vitamin dan mineral
Kubis adalah bahan utama yang dipakai  dalam penciptaan  kimchi. Sayuran ini tidak sedikit  berisi  vitamin B6, vitamin C, vitamin K, serat, dan folat. Di samping  itu, kubis pun  berisi  pelbagai  mineral, laksana  kalsium, kalium, mangan, dan magnesium.

Tak melulu  kubis, vitamin dan mineral pun  terkandung dalam sayuran atau bahan beda  yang dipakai  sebagai bumbu kimchi, contohnya  bawang putih dengan kandungan mangan yang tinggi, cabai yang berisi  vitamin B6, dan daun bawang yang kaya vitamin K.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Kimchi tidak sedikit  berisi  bakteri baik yang dinamakan  Lactobacillus. Bakteri ini dapat  menjaga faedah  sistem pencernaan. Bukan melulu  itu, bakteri baik pun  berperan dalam proses metabolisme nutrisi dan obat-obatan, mengawal  daya tahan tubuh, serta menangkal  infeksi virus dan bakteri. Karbohidrat perumahan  yang ada  pada sayuran kimchi pun  dapat menjadi makanan guna  bakteri baik.

3. Mencegah sembelit
Kandungan serat dalam sayuran kimchi dan bakteri baik hasil fermentasi kimchi dapat menolong  mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar.

4. Mengobati infeksi virus, bakteri, dan jamur
Bakteri baik yang terdapat  dalam kimchi dapat menambah  daya tahan tubuh sehingga dapat  melawan kuman, tergolong  Helicobacter pylori yang dapat mengakibatkan  kanker lambung dan virus avian influenza yang mengakibatkan  flu burung.

5. Menjaga berat badan
Sayur yang dipakai  pada kimchi pastinya  rendah kalori. Dalam 100 gram kimchi, melulu  ada  sekitar 18 kkal. Oleh karena  itu, kimchi bisa  dijadikan sebagai di antara  menu makanan guna  menurunkan atau mengawal  berat badan ideal.

Tak melulu  itu, bahan beda  yang terdapat  dalam kimchi, laksana  cabai merah dan bawang putih, pun  terbukti dapat menambah  metabolisme dan mempercepat pembakaran energi, sehingga menolong  menurunkan berat badan.

6. Mencegah kanker
Sayuran berwarna kuning dan hijau yang dipakai  sebagai bahan kimchi dapat bermanfaat  untuk menangkal  peradangan. Kandungan sayuran tersebut pun  dapat mengurangi  kerja enzim tertentu yang dapat merangsang  pertumbuhan sel kanker.

Efek antikanker bakal  lebih optimal andai  kimchi ditambahkan dengan bahan lain, laksana  mustard leaf, Chinese pepper, dan ekstrak Korean mistletoe. Namun, urusan  ini masih perlu dianalisis  lebih lanjut.

7. Membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
Sebuah penelitian mengindikasikan  bahwa makanan berserat tinggi dapat menolong  pertumbuhan bakteri baik yang memproduksi asam lemak. Asam lemak dapat menolong  mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, sampai-sampai  baik untuk  penderita diabetes.

Melihat banyaknya guna  yang bisa  diperoleh, kimchi dapat  dijadikan sebagai di antara  menu harian kita. Di samping  kimchi, terdapat  jenis makanan fermentasi beda  yang pun  baik guna  kesehatan tubuh, laksana  tempe, sauerkraut, kombucha, dan yoghurt.

Meski sayuran fermentasi kaya bakal  manfaat, tetapi  Anda disarankan  untuk tetap menjalani pola santap  sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi sebanding  serta sayur dan buah segar masing-masing  hari.

Di samping  itu, batasi konsumsi makanan yang berisi  lemak jenuh, tinggi gula, dan tinggi garam (sodium), tergolong  makanan olahan. Bila perlu, tanyakan untuk  dokter gizi tentang  menu makanan harian yang cocok  dengan situasi  kesehatan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Ketahui Lebih Banyak tentang Mineral Makeup

Bahaya Kelebihan Vitamin